Kamis, 23 Oktober 2014

Jilbab

Jilbāb (Arab: جلباب ) adalah busana muslim terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim. Penggunaan jenis pakaian ini terkait dengan tuntunan syariat Islam untuk menggunakan pakaian yang menutup aurat atau dikenal dengan istilah hijab. Sementara kerudung sendiri di dalam Al-Qur'an disebut dengan istilah khumur, sebagaimana terdapat pada surat An Nuur ayat 31:
Hendaklah mereka menutupkan khumur (kerudung-nya) ke dadanya. (An Nuur :31)

Menurut Muhammad Nashiruddin Al-Albany kriteria jilbab yang benar harus menutup seluruh badan, kecuali wajah dan dua telapak , jilbab bukan merupakan perhiasan, tidak tipis, tidak ketat sehingga menampakkan bentuk tubuh, tidak disemprot parfum, tidak menyerupai pakaian kaum pria atau pakaian wanita-wanita kafir dan bukan merupakan pakaian untuk mencari popularitas.

Pendapat yang sama sebagaimana dituturkan Ikrimah, jilbab itu menutup bagian leher dan mengulur ke bawah menutupi tubuhnya, sementara bagian di atasnya ditutup dengan khimâr (kerudung) yang juga diwajibkan.


Kerudung atau jilbab berhasil menjadi fashion muslimah yang paling bergengsi di beberapa tahun terakhir ini. Jilbab muncul dengan berbagai model yang bisa dikreasikan dengan mudah sesuai dengan usia pemakainya. Kerudung bisa digunakan lebih simpel dan cantik dengan ditambahkan aksesoris berupa bross. 

Contoh Pemakaian Kerudung

Dengan kreasi yang simpel dan cantik membuat wanita muslim semakin tertarik untuk menggunakan kerudung di era modern ini. Kerudung digunakan umat muslim sebagai penutup aurat yang bisa disesuaikan dengan model dan kreasi sendiri-sendiri untuk tetap cantik. Sebelum menggunakan kerudung yang simpel dan cantik ketahuilah akan cara penggunaannya. Sebelum menggunakan harus disiapkan akan kerudung, bross jarum pentul dan ciput.

Tidak ada komentar: